Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar bilingual kimia dengan pendekatan kontekstual pada
materi pokok bahan kimia rumah tangga. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk bahan
ajar bilingual kimia dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok bahan kimia rumah tangga untuk mendukung
strategi pembelajaran bilingual dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kontekstual. Model
pengembangan mengacu pada sistem pendekatan model Dick & Carey. Subjek uji ahli adalah dosen FKIP UNLAM
Banjarmasin, yakni 3 orang dosen program studi pendidikan kimia untuk ahli materi dan 2 orang dosen program
studi pendidikan bahasa inggris untuk ahli bahasa inggris. Sedangkan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII di
SMPN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2012/2013, yakni 15 siswa kelas VIII yang diambil secara acak untuk uji coba
kelompok kecil dan 31 siswa kelas VIII A untuk uji lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
validasi ahli materi dan ahli bahasa inggris, lembar observasi, tes hasil belajar, dan respon siswa. Semua data
penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dapat dikembangkan bahan ajar
bilingual kimia dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok bahan kimia rumah tangga yang valid dan efektif
dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan kompetensi bahasa inggris siswa