Abstract:
Media gambar (2D) yang digunakan pada sumber belajar belum
mampu menunjukkan secara detail mengenai materi atmosfer. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran materi atmosfer melalui aplikasi powtoon berupa video
animasi yang valid dan praktis. Sehingga layak digunakan dalam
pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini menggunakan metode
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi
ahli media dan ahli materi serta angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan presentase. Aiken’s V
digunakan sebagai perhitungan skor validitas dan Presentase sebagai
perhitungan skor respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan media
pembelajaran video animasi memperoleh skor validitas ahli media
0,81 dengan kategori sangat valid dan validitas ahli materi sebesar
0,85 dengan kategori sangat valid. Media pembelajaran video animasi
juga telah diuji cobakan kepada sepuluh orang siswa untuk kelompok
kecil dan memperoleh skor sebesar 84,2% dengan kategori sangat
praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran video animasi materi atmosfer dinyatakan sangat layak
dan sangat praktis digunakan sebagai sumber belajar disekolah.