Abstract:
Program belajar dari rumah selama pandemi Covid-19, mengharuskan pengajar untuk menyediakan bahan belajar yang berkualitas, bermakna dan menyenangkan, khususnya pada materi sistem bilangan. Oleh karena itu diIakukan peneIitian dengan tujuan: mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem bilangan menggunakan metode pembelajaran drill and practice, dan menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem bilangan menggunakan metode pembelajaran drill and practice ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran. Penelitian ini berjenis Research and Development yang pengembangannya dilakukan dengan menggunakan model Prototype. Tahapan model prototype yaitu: pengumpulan informasi, perencanaan dan desain cepat, membuat prototype serta penyebaran dan umpan balik. Media yang telah dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman web dan divalidasi oleh dua ahli media di bidang komputer, kemudian diuji kepraktisannya kepada 3 guru sistem komputer dan 10 peserta didik kelas X SMK Isfi Banjarmasin. Selanjutnya dilakukan uji efektivitas kepada 10 peserta didik yang sama. Validitas dan kepraktisan dikumpulkan menggunakan angket berskala likert dan rating scale. Sedangkan data efektivitas dikumpulkan dengan melakukan tes hasil belajar. Data
kemudian diIakukan anaIisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa: media pembelajaran dikembangkan menggunakan teknologi HTML, CSS, SVG, Mathjax, Javascript, JQuery, JSON, Local Storage, JsPDF, Firebase, Progressive Web Application dan dibantu alat berupa Notepad++, Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, Web Server 200 OK, Ispring, Pencil, Camtasia, Photoscape, Inkscape dan Netlify, kemudian media telah memenuhi standar minimal validitas, standar minimal kepraktisan dan standar
minimal efektivitas, sehingga dapat disimpuIkan bahwa media ini Iayak untuk digunakan.