Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Modul IPA materi
makhluk hidup dan lingkungannya berbasis pendekatan kontekstual yang berkualitas ditinjau dari
dari validasi ahli dan uji coba kepada siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur
pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri 033 Tarakan dengan jumlah sebanyak 24 orang.
Kriteria kualitas modul IPA materi hubungan makhluk hidup dan lingkungannya, dilihat hasil
validasi materi 98% (sangat valid), validasi desain 87.5% (sangat valid), validasi bahasa 97%
(sangat valid), validasi konstruk 100% (sangat valid) dan validasi praktisi 88% (sangat valid),
sehingga rata-rata hasil validasi memperoleh persentase sebesar 94% (sangat valid). Berdasarkan
angket respon siswa diperoleh 93% (sangat baik) Berdasarkan yang telah dipaparkan bahwa
modul IPA berbasis pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan berkualitas.