Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA ditinjau
dari aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan diaroma pada siswa kelas
III A SDN 031 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian, 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa
perempuan. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.
Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang
diperoleh dalam penelitian yaitu lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru, penilaian
kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hasil penelitian dengan menggunakan model
pembelajaran index card match berbantuan media diaroma menunjukkan adanya
peningkatan dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Pada siklus I ketuntasan
aktivitas siswa 80,8%, siklus II menjadi 89,7%. Pada siklus I ketuntasan aktivitas guru
70,9%, siklus II menjadi 87,8%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (kognitif) 59%,
siklus II menjadi 95%. Siklus I aspek psikomotorik 63% kategori minimal baik, siklus II
meningkat menjadi 100%. Siklus I aspek afektif 27%, siklus II meningkat secara signifikan
menjadi 100% kategori minimal baik. Maka penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan
indikator keberhasilan.