Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran IPA Menggunakan
Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android Untuk Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan dan
untuk mengetahui karakteristik Media Pembelajaran IPA Menggunakan Teknologi Augmented
Reality (AR) Berbasis Android. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D)
dengan mengacu pada model pengembangan Sutopo (2003). Pelaksanaan penelitian terdapat lima
tahap yaitu : 1) Concept, (Konsep), 2) Design (Perancangan), 3) Material collecting (pengumpulan
bahan), 4) Assembly (pembuatan), 5) Testing (pengujian). Media ini akan divalidasi oleh 3 orang
validator yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan ahli praktisi. Uji coba produk untuk
mengetahui respon siswa dilakukan di SDN 015 Tarakan pada kelas III sebanyak 28 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran IPA Menggunakan
Augmented Reality (AR) Berbasis Android Untuk Siswa SDN 015 Tarakan Kelas III sangat layak
untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.