Abstract:
Penelitian ini membahas bagaimana proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 terhadap
mahasiswa Pogram Studi PGSD FKIP-ULM pada mata kuliah Pengelolaan Kelas, Manajemen dan
Administrasi Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19
terhadap mahasiswa Program Studi PGSD ULM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif
dengan menggunakan metode survei yang dilakukan secara online. Variabel penelitian yang diteliti adalah
proses pembelajaran daring mahasiswa PGSD ULM. Aspek pengukuran yang diteliti dalam penelitian ini
meliputi aspek perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, strategi pembelajaran, media dan teknologi
pembelajaran, layanan bantuan belajar. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah Purposive Sampling.
Sumber data dalam penelitian ini yang penulis kumpulkan dengan memakai angket (Kuesioner). Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses
pembelajaran daring mahasiswa PGSD ULM yang memilih mata kuliah Pengelolaan Kelas, Manajemen dan
Administrasi Sekolah digambarkan memiliki luaran yang cukup baik sebesar 42,4% dan baik sebesar 47,1%.
Sedangkan dalam aspek perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, media dan teknologi
pembelajaran, maupun layanan bantuan belajar, aspek strategi pembelajaran secara rata-rata menunjukkan
cukup baik.