Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA kelas V pada materi
benda dan sifatnya di SDN 007 Tarakan yang layak digunakan untuk mengembangkan karakter siswa.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model 4-D dibatasi sampai 3 tahap
(3D): Pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori layak dari aspek isi dengan nilai rata-rata 91,18
(kategori sangat baik), aspek penyajian dengan nilai rata-rata 90,62 (kategori sangat baik), aspek
kegrafisan dengan nilai rata-rata 94,91 (kategori sangat baik),dan aspek bahasa dengan nilai rata rata 94,66 (kategori sangat baik). Respon siswa dengan kategori sangat baik dan hasil keterbacaan
modul rata-rata skor memperoleh 94,80% dengan kategori mudah. Berdasarkan hasil uji coba
pemakaian, diperoleh penilaian karakter untuk aspek rasa ingin tahu, jujur, serta kreatif nilai rata rata 89,58 dengan kategori sangat baik.