Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan
pendekatan keterampilan proses sains pada siswa kelas V-B sdn 045 tarakan. jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). subjek penelitian adalah 31 siswa, siswa laki-laki
berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam
penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, aktivitas siswa, penelitian kognitif dan
psikomotorik.hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains dapat
meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V-B SDN 045 Tarakan. pada siklus I ketuntasan
hasil belajar aspek kognitif sebesar 54,839% menjadi 90,322% pada siklus II, aspek psikomotorik
siklus II sebesar 64,516% menjadi 100% pada siklus. maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V-B SDN
045 Tarakan