Abstract:
Media pembelajaran adalah salah satu alat bantu dalam proses belajar mengajar yang digunakan untuk membantu mencapai tujuan belajar. Infografis adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang memiliki urutan waktu. Materi perkembangan embriologi katak adalah salah satu materi yang membahas tahapan perkembangan embrio dan metamorphosis berdasarkan urutan waktu, sehingga perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan media infografis pada pembelajaran materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media infografis pada pembelajaran mata kuliah Embriologi materi embriologi katak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest pada pembelajaran materi embriologi katak dengan menggunakan media infografis. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik mata kuliah embriologi Program Studi Pendidikan Biologi Unversitas Lambung Mangkurat berjumlah 40 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji t (paired t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara pretest dan posttest pada penggunaan media infograsfis dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan media infografis efektif membantu proses pembelajaran mencapai tujuan.