Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai 4B (Baiman,
Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Banjarmasin
sebelum dilakukan bimbingan kelompok dengan permainan roda pelangi, setelah
dilakukan layanan, dan menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok
dengan permainan roda pelangi untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung,
Batuah, dan Baadab). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan
rancangan pretest-posttest control group design. sampel sebanyak 8 siswa yang
dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok control dan kelompok treatment. Instrument
pengumpulan data menggunakan skala penerapan 4B dan skala permainan roda
pelangi. Teknik penarikan sampel menggunakan porpusive sampling. Analisis data
menggunakan rumus T-hitung. Hasil analisi didapatkan T-hi>T-tab yaitu 3.92 > 1.94
artinya Permainan Roda Pelangi dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk
penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa.
Description:
Hasil uji turnitin artikel dengan judul PERMAINAN RODA PELANGI UNTUK PENERAPAN NILAI 4B (BAIMAN, BAUNTUNG, BATUAH, DAN BAADAB) PADA SISWA KELAS VIII SMP
NEGERI 6 BANJARMASIN