Abstract:
Fenomena yang terjadi saat ini, siswa cenderung menghabiskan waktunya untuk urusan
hiburan semata dibandingkan dengan urusan akademik, hal ini sebuah masalah bagi
siswa yang senang menunda mengerjakan tugas sekolah. Prokrastinasi akademik
mungkin akan terus meningkat setiap tahunnya maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran self regulation, konformitas teman sebaya, dan prokrastinasi
akademik, serta mengetahui kontribusi antara self regulation dan konformitas teman
sebaya terhadap prokrastinasi akademik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian korelasional. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan
teknik penarikan sampel dengan cara simple random sampling. Dari 129 populasi maka
ada 98 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Banjarmasin yang menjadi sampel
penelitian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi liniear
berganda. Hasil penelitian menyatakan, siswa kelas VIII memiliki self regulation dan
prokrastinasi akademik dalam kategori sedang, sedangkan pada konformitas teman
sebaya dalam kategori tinggi. Kemudian hasil penelitian menyatakan bahwa ada kontribusi
antara self regulation dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik
dengan nilai dengan sig 0.000 < 0,05. Dengan kata lain, self regulation dan konformitas
teman sebaya terdapat kontribusi terhadap prokrastinasi akademik sebesar 23,9%.