Abstract:
Pada masa pandemic covid-19 siswa menghadapi pembelajaran jarak jauh. Berbagai
permaslahan muncul terutama adanya penurunan prestasi, kebosanan hingga adanya
ancaman siswa putus sekolah. Bedasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu karakter
yang dapat menguatkan siswa untuk tetap bersemangat dalam menuntut ilmu dimasa
pandemic covid-19. Tujuan dilaksanakan kegiatan adalah untuk membentuk karakter
tangguh pada siswa SMPN 27 Banjarmasin dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh
sehingga mampu lebih stabil dan kuat dalam menyesuaikan diri pada proses
pembelajaran yang terdampak pandemic covid-19. Karakter tangguh hadir dengan
membawa 3C, yaitu aspek dari hardiness yang berupa tantangan, control dan komitmen.
Aspek tersebut mampu membuat siswa lebih kuat dan stabil dalam menghadapi
tantangan pembelajaran dimasa pandemik. Lebih kuat dan bersemangat dalam mengejar
cita-cita sehingga mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan
menjadi penerus bangsa. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pelatihan
yang menekankan pada keterampilan sehingga mampu membentuk karakter tangguh
(hardiness). Ppelatihan ini dilaksanakan dalam tiga sesi selama dua hari dengan total
waktu 6 jam. Hasil dari pelatihan ini siswa memiliki pemaham mengenai ketangguhan.
Mampu membayangkan cita-cita dan menjadi bersemangat untuk mengikuti
pembelajaran jarak jauh walaupun terdapat sejumlah kendala. Selain itu seluruh siswa
merasa tertantang untuk melakukan pembelajarn jarak jauh untuk menghasilkan prestasi
sebagai upaya untuk meraih cita-citanya