Abstract:
Proktastinasi akademik merupakan suatu bentuk penundaan dalam menyelesaikan suatu tugas ataupun
pekerjaan. Prokrastinasi akademik juga sudah menjadi problem bagi banyak orang. Maka, tujuan pada
penelitian ini ialah untuk mengetahui kontribusi antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap
prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan
teknik penarikan sampel menggunakan sampel jenuh. Adapun, sampel yang diambil sebanyak 193 orang
siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Dengan tekniki analisisi datal menggunakanl regresil
lineari sederhanau dan regresio linieari iberganda. Hasil dari Teknikiuanalisisiodatai menggunakani9Uji
Regresig LiniearuBergandal mendapatkani hasili bahwa nilai sig 0,000 > 0,05 dan nilai Fhitung 381,356 yang
dinyatakan ada kontribusi yang signifikan antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap prokrastnasi
akademik dikalangan siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Adapun dari hasil analisis yang
ditemukan menyatakan bahwa dukungan sosial dan efikasi diri memberikan kontribusi terhadap
prokrastinasi akademik sebesar 80,1%.