Abstract:
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan katalis plat kuningan pada saluran pembuangan Suzuki Shogun Axelo 125 tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor Suzuki Shogun Axelo 125 tahun 2010, data penelitian berupa angka yang menunjukkan kandungan gas buang CO 2, CO, HC. Penelitian ini dilakukan di kantor lingkungan banjarmasin dengan menggunakan gas analyzer dan juga dilakukan di bengkel plug and play banjarmasin dengan menggunakan dynamometer. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah variasi rpm dan jumlah plat. (1) Hasil dari penelitian ini adalah: Membentuk catalytic converter dengan variasi plat 8 (delapan) sehingga tingkat penurunan emisi CO2 maksimal sebesar 52,7%, tingkat penurunan emisi CO sebesar 82,23%, dan tingkat pengurangan emisi HC sebesar 74,08%. Bentuk catalytic converter dengan variasi plat 6 (enam), CO2 maksimumtingkat penurunan emisi sebesar 29,56%, tingkat penurunan emisi CO sebesar 49,32%, dan tingkat penurunan emisi HC sebesar 82,92%. (2) Dengan menggunakan catalytic converter dengan variasi plat 8 (delapan) menghasilkan tenaga sebesar 8,045 hp dan torsi sebesar 8,833 n/m dan untuk catalytic converter dengan variasi plat 6 (enam) menghasilkan tenaga sebesar 7,661 hp dan torsi sebesar 8,493 n/m .