Abstract:
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan penggunaan penambahan katalis berbentuk keramik pada saluran pembuangan kendaraan bermotor Satria F 150. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah gas CO2, CO, HC. Penelitian ini dilakukan di kantor lingkungan Banjarmasin dengan menggunakan alat analisa gas dan juga dilakukan di bengkel plug and play Banjarmasin dengan menggunakan dinamometer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah variasi dalam rpm, campuran dan dimensi. Hasil dari penelitian ini adalah: catalytic converter dengan variasi dimensi 2 cm dan 3 cm, tingkat pengurangan emisi CO2 maksimum adalah 21,91% komposisi dalam C rpm 5000, tingkat pengurangan emisi CO adalah 61,71 % dalam komposisi C rpm 5000, dan tingkat pengurangan emisi HC adalah 83,14% dalam komposisi C rpm 5000.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan penambahan katalis berbentuk keramik pada saluran pembuangan kendaraan bermotor Satria F 150. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah gas CO 2 , CO , HC. Penelitian ini dilakukan di kantor lingkungan banjarmasin dengan menggunakan gas analyzer dan juga dilakukan di bengkel plug and play banjarmasin banjarmasin dengan menggunakan dinamometer. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah variasi rpm, campuran dan dimensi. Hasil dari penelitian ini adalah: membentuk catalytic converter dengan variasi dimensi 2 cm dan 3 cm, CO2 maksimumtingkat penurunan emisi sebesar 21,91% pada komposisi C rpm 5000, tingkat penurunan emisi CO sebesar 61,71% pada komposisi C rpm 5000, dan tingkat penurunan emisi HC sebesar 83,14% pada komposisi C rpm 5000. catalytic converter dengan variasi dimensi 2 cm menghasilkan tenaga sebesar 11,44 hp dan torsi 10,12 Nm dan untuk catalytic converter dengan dimensi 3 cm menghasilkan tenaga sebesar 11,30 hp dan torsi 10,01 Nm.