Abstract:
ABSTRACT
Tujuan studi ini adalah untuk menentukan penggunaan penambahan katalis berbentuk keramik pada saluran pembuangan kendaraan bermotor Satria F 150. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor F 150 satria. Data dalam penelitian ini adalah gas CO2, CO, HC. Penelitian ini dilakukan di dinas lingkungan hidup Banjarmasin dengan menggunakan alat analisis gas dan juga dilakukan di bengkel plug and play Banjarmasin menggunakan dinamometer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah variasi dalam rpm, campuran dan variasi dalam lubang. Hasil penelitian ini adalah peningkatan terbesar dalam emisi CO2 dengan peningkatan maksimum 48,72% dalam komposisi A pada putaran idle. Sementara kandungan senyawa CO mengalami penurunan terbesar maksimum 40,06% ditemukan dalam komposisi C pada 5.000 rpm. Senyawa HC juga mengalami pengurangan maksimum terbesar 85,54% dalam komposisi B pada 5.000 rpm. Menggunakan catalytic converter dengan variasi 15 hole menghasilkan daya 11,42 HP dan torsi maksimum 10,00 Nm dan untuk catalytic converter dengan variasi 19 hole menghasilkan daya 11,44 HP, dan torsi maksimum 10,12 Nm.