Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kombinasi gipsum, semen dan lem sebagai filter gas buang pada sepeda motor Satria FU 150 cc terhadap kadar emisi HC dan CO serta performa mesin. Penelitian ini menggunakan tiga variasi ketebalan gypsum yaitu 1 cm, 2 cm dan 3 cm dengan rpm mulai idle, 3000 rpm, 4000 rpm dan 5000 rpm. Dari hasil penelitian diketahui bahwa filter knalpot gypsum dengan ketebalan 3 cm dapat menurunkan emisi gas buang CO sebesar 0,05% pada kondisi idle, 0,47% pada 3000 rpm, 0,41% pada 4000 rpm, dan 0,35% pada 5000 rpm. dibandingkan dengan knalpot satelit. Pada emisi gas buang HC dengan ketebalan gipsum 2 cm pada putaran mesin 3000 rpm menghasilkan 30,7 ppm dengan kondisi tidak melebihi batas emisi gas buang yang diizinkan HC. Filter gas buang gypsum dengan ketebalan 1 cm dapat meningkatkan torsi sebesar 4 N-m dan tenaga performa mesin sebesar 12,77 Hp dibandingkan dengan ketebalan 2 cm dan 3 cm.