Abstract:
Penelitian-penelitian tentang penggunaan bahan ajar di Perguruan Tinggi dalam proses pembelajaran terhadap berpikir tinggi telah banyak dilakukan. Hasil penelitian-penelitian tersebut menunjukkan, bahwa bahan ajar hasil pengembangan pada mata kuliah Botani Tumbuhan secara umum masih sedikit menyinggung materi lokal. Oleh sebab itu peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian tentang pengembangan buku ilmiah populer (BIP) keanekaragaman tumbuhan lahan basah rawa dalam meningkatkan tetrampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Jenis yang digunakan dalam penelitian vegetasi adalah penelitian pengembangan /Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah 3 pakar validasi bahan ajar, 2 dosen mitra, dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi ULM berjumlah 55 orang, dengan objek penelitian berupa BIP keanekaragaman tumbuhan lahan basah rawa. Data yang dikumulkan berupa data kevalidan, kepraktisan dan kefektifan BIP yang dikembangkan dan penelitian dianalisa secara disekriptif dengan menggunakan katagori. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa BIP yang dikembangkan Sangat Praktis, Sangat Praktis dan Sangat Efektif digunakan dalam menumbuhkan Berfikir Kritis Mahasiswa.