Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen penilaian harian aspek psikomotor yang
digunakan oleh pendidik mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berlokasi di
kota Banjarbaru. Insrumen peilaian harian aspek psikomotor yang digunakan pendidik seharusnya
dibuat pendidik berdasarkan kurikulum 2013.Sampel atau subjek yang diteliti pada penelitian ini
adalah sekolah dasar negeri yang bermitra dengan universitas lambung mangkurat di kota Banjarbaru
yang berjumlah 7 sekolah. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa dokumentasi dari lembar kerja
peserta didik dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh pendidik.
Pada penelitian ini didapatkan data instrumen penilaian harian aspek psikomotor yang dibuat
oleh pendidik mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kota Banjarbaru berada
pada kategori kuat sebanyak 72%, 28% berada pada kategori kurang sekali berdasarkan tingkat
kesesuaian dengan pedoman penilaian sekolah dasar, adapun pendidik mata pelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan yang masih membuat perangkat pembelajran yang berbasih KTSP
padalah hal itu tidak sesuai dengan Permendikbud RI No 23 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Bab
VII Tentang instrumen Penilaian, dan bahkan ada pendidik yang tidak membuat perangkat
pembelajaran namun hanya menjalankan pembelajaran dengan hasil diskusi dari forum kelompok kerja
guru (KKG).