Abstract:
. Pembelajaran dengan memanggunakan flipped classroomdibagi atas
dua fase berupa (1) fase outclass kelas dengan mengungah bahan sebelum
dilaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan LMS berupa Culture
Literacy Digital Wetland, kemudian (2) fase inclass dengan diskusi dan
memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh
flipped classroom pada hasil belajar peserta didik pada materi Biologi dan (2)
mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik. Pada penelitian
menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan The
non equivalent Kontrol Group pretest-posttest Design. Penelitian
dilaksanakan di SMA Negeri 4 Banjarmasin pada kelas X MIPA 1 sebagai
kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas ekperimen pada tahun ajaran
2021/2022. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian tes kognitif
terkait dengan hasil belajar dan angket sikap terhadap kemandirian belajar
dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan
flipped clasroom mempengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada
materi Biologi dibandingkan kelas kontrol (2) Kemandirian belajar peserta
didik menunjukkan pada kategori tinggi pada kelas yang menggunakan
flipped clasroom jika dibandingkan pada kelas kontrol yang terkategori
sedang.
Kata kunci: flipped classroom, CLDW, hasil belajar, kemandirian belajar,
biologi