Abstract:
Pokdarwis Senanjung memiliki anggota sebanyak 30 orang dari kalangan muda
warga Sungai Biuku Banjarmasin. Mereka memiliki potensi yang besar dalam
mengembangkan wisata edukasi. Kegiatan penyuluhan merupakan solusi dari permasalahan
pemasaran yang dihadapi oleh mitra, khususnya kurangnya pengetahuan mitra tentang
pemanfaatan media untuk mempromosikan wisata edukasi. Penyuluhan dilaksanakan pada
tanggal 8 Juni 2022, dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi penggunaan
aplikasi desain media promosi melalui media Canva. Kegiatan diikuti oleh 50% anggota
Pokdarwis Senanjung Sungai Biuku (15 orang). Hasil dari kegiatan penyuluhan yaitu
terjadinya peningkatan pengetahuan pada anggota pokdarwis tentang komunikasi
pemasaran dan media promosi wisata edukasi. Komunikasi pemasaran yang awalnya hanya
dipahami oleh 29,4% peserta sebelum penyampaian materi menjadi meningkat sampai
100% setelah penyampaian materi. Begitupun dengan media promosi, yang awalnya peserta
hanya mampu menyebutkan satu atau dua media promosi menjadi mengetahui sejumlah
media promosi.
Kata Kunci: Media Promosi; Pokdarwis; Wisata Edukasi