Abstract:
Bakteri merupakan suatu organisme mikroskopis sehingga sangat sulit untuk melakukan pengataman terhadap
keberadaannya tanpa alat bantu. Materi mengenai archabacteria dan eubacteria merupakan materi yang abstrak dan sulit
sehingga diperlukan suatu bahan ajar yang sesuai seperti e-modul berbasis flip HTML5 agar siswa merasa tertarik dan
memiliki minat untuk memahami materi pada proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran pada tahun 2021 dilaksanakan
secara daring akibat dari pandemi Covid-19. Berdasar hal tersebut, modul elektronik dinilai mampu dijadikan sebagai
salah satu bahan ajar yang sangat sesuai dengan kegiatan pembelajaran ini. Modul elektronik diharapkan mampu
menambah minat siswa serta dapat menjadi bahan pembelajaran yang tidak monoton. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mendeskripsikan validitas serta kepraktisan mengenai e-modul berbasis flip HTML5 pada materi archabacteria dan
eubacteria bagi siswa kelas X SMA. Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D (define, design,
develop, dan disseminate). Subjek yang digunakan sebagai uji validitas terdapat sebanyak 3 orang validator yakni 2 orang
dosen Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA FKIM ULM Banjarmasin serta seorang guru mata pelajaran Biologi di
SMA Negeri 7 Banjarmasin. Sedangkan subjek sebagai uji kepraktisan terdiri atas 9 peserta didik yang duduk di kelas X
MIPA SMA Negeri 7 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi archaebacteria dan eubacteria bagi
siswa kelas X yang mengguakan e-modul berbasis flip HTML5 mendapatkan nilai validitas sebanyak 85,36% yang dapat
digolongkan “sangat valid” serta memperoleh nilai kepraktisan sebesar 82,75% yang dapat tergolong “sangat praktis”. Hal
tersebut memiliki artian bahwa penelitian yang dilakukan mampu mendukung proses pembelajaran selama pandemic
Covid-19.
Kata Kunci: e-module, flip html5, archaebacteria, eubacteria.