Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi ekosistem sungai di Banjarmasin. Peran guru Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan dalam perspektif Kewarganegaraan Lingkungan perlu dioptimalkan.
Namun belum diketahui dan belum ada penelitian terhadap tingkat dan dimensi kewarganegaraan
lingkungan di tingkat Sekolah Menengah Pertama, khususnya terhadap guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dan
informasi dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan kriteria dan kategori Tingkat Kewarganegaraan Lingkungan berdasarkan kategori dari
Karetekin. Temuan penelitian menunjukkan tingkat kewarganegaraan lingkungan guru Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan secara keseluruhan berada pada level sedang, terutama dalam indikator
sikap warga negara lingkungan yakni menggunakan lebih banyak sumber daya alam daripada yang kita
butuhkan, tidak mengancam kesehatan dan kesejahteraan orang di masa depan berada dalam tingkat yang
sangat rendah. Tingkat Kewarganegaraan lingkungan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
belum mencapai tingkat yang memuaskan, karena masih masih berada pada tingkat sedang dan rendah.
Rekomendasi dalam penelitian ini perlu penguatan dan penegakkan nilai-nilai ekologis melalui sistem
pendidikan yang secara konsisten memperkuat nilai-nilai ekologis. dan memungkinkan perilaku prolingkungan dan pada gilirannya memberikan penguatan untuk nilai-nilai ekologis.
Kata Kunci : Kompetensi Kewarganegaraan: Lingkungan; Guru PPKn;