Abstract:
Representasi visual dalam pembelajaran Biologi terkait dengan aspek interpretatif yang mewakili entitas/elemen yang disajikan dalam bentuk foto, tabel, bagan maupun diagram. Melalui kegiatan representasi visual dapat mencegah terjadinya misskonsepsi. Pengembangan representasi visual secara kolaboratif melibatkan siswa, guru dan kolaborator. Kegiatan dilaksanakan di kelas dengan berpusat pada siswa dengan cara membentuk kelompok kecil. Program kemitraan ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran yang melibatkan representasi visual bagi siswa dalam belajar Biologi secara kolaboratif. Adapun kegiatan dilakukan di SMA Negeri 1 Jorong yang melibatkan siswa yang berjumlah 50 orang, guru Biologi serta kolaborator yang terdiri atas dosen dan mahasiswa pendidikan Biologi. Kegiatan PKM dilakukan dengan tatap muka dengan metode brainstorming dan diskusi. Berdasarkan hasil kemitraan diketahui bahwa pembelajaran kolaboratif dapat dilakukan dengan menerapkan proses sainstifik. Adapun langkah yang dilakukan antara lain. (1) proses persiapan seperti brainstorming antara guru dan tim kolaborator, dan membentuk kelompok kolaboratif; (2) proses pelaksaan yakni dengan menyampaian materi serta memberikan LKPD penunjang, menganalisa data secara kolaboratif, menyusun hasil representasi visual secara berkelompok dan hasil representasi visual disampaikan di kelas; dan (3) refklesi dari kegiatan yang dilakukan seperti memperbaikan hasil representasi visual