Abstract:
Abstrak Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia memiliki materi yang kompleks, melibatkan proses-proses tertentu dan saling berhubungan sehingga memerlukan bahan ajar untuk mengatasi kesulitan peserta didik. Booklet digital merupakan salah satu bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik terhadap bahan ajar konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Biologi SMA dalam bentuk booklet digital. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model 4D oleh Thiagarajan et al. [1] dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate yang dimodifikasi sesuai keperluan. Subjek uji kesesuaian dan kelayakan terdiri atas 3 orang ahli. Subjek uji keterbacaan dan respon peserta didik terdiri atas 9 orang peserta didik kelas XI MIPA SMA. Data diperoleh dari penilaian kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Biologi SMA dalam bentuk booklet digital yang dikembangkan memperoleh nilai kesesuaian sebesar 4,61 yang tergolong sangat sesuai, memperoleh nilai kelayakan sebesar 4,71 yang tergolong sangat layak, memperoleh nilai keterbacaan sebesar 4,56 yang tergolong sangat baik dan memperoleh nilai respon peserta didik sebesar 4,58 yang tergolong sangat baik