Abstract:
ABSTRAK
Untuk meningkatkan pemahaman mahasiwa pada materi kuliah Pengantar Bioteknologi perlu dikembangkan suatu bahan ajar yang besifat kontekstual dan membiasakan mahasiswa untuk melakukan langkah dan berpikir secara ilmiah untuk memecahkan persoalan yang ada di lingkungan sekitar. Di dalam RPS mata kuliah, salah satu bahan kajian adalah aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan yang meliputi pengolahan limbah baik padat maupun cair serta bioremediasi. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang valid untuk meningkatkan pembelajaran mata kuliah ini. Bahan ajar dibuat berdasarkan hasil penelitian kemampuan purun tikus (Eleocharis dulcis) meremediasi limbah sasirangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode penelitian R & D Sugiono (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dibuat memperoleh validitas isi rata-rata sebesar 88,9%, kelayakan penyajian rata-rata = 96,25%, aspek kelayakan bahasa rata-rata = 86,5%. Hasil uji keterbacaan mahasiswa sebesar 83%.