Abstract:
Etnomatematika dalam pendidikan sangat berperan penting dalam
pembelajaran dikarenakan banyak peserta didik membutuhkan proses
pembelajaran yang menarik. Dalam pembelajaran Segiempat dan Segitiga,
sebagian besar pendidik hanya menulis rumus yang terdapat di dalam buku,
kemudian memberi contoh dari soal-soal serta penugasan. Pendidik sebaiknya
membuat inovasi pada pembelajaran khususnya memberikan kesempatan yang
luas kepada peserta didik selama pembelajaran agar lebih aktif. Sebuah inovasi
yang bisa dilakukan pendidik adalah melalui LKPD yang berbasis
etnomatematika agar sangat bermakna saat proses pengajaran. Tujuan dari
penelitian ini ialah hasil berupa lembar kerja peserta didik dengan basis
etnomatematika Batik Tanjung Bersinar pada materi bangun datar yaitu
segiempat dan segitiga kelas VII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif.
Metode yang digunakan ialah berupa pengembangan Thiagarajan, Semmel,
dan Semmel dengan tahapan define, design, dan develop. Produk LKPD yang
menjadi evaluasi mempunyai kriteria kevalidan yang didasarkan pada tiga
orang ahli atau yang disebut validator. Analisis statistik deskriptif juga
digunakan dalam penelitian ini ketika menganalaisis data. Adapun pengujian
validitas menghasilkan nilai sebesar 3,23 yang berkriteria valid. Hasil dari
pengujian kepraktisan sebesar 82,74% dengan kriteria praktis. Hasil uji
keefektifan sebesar 83,33% dengan kriteria efektif. Sehingga atas dasar ini,
dihasilkanlah LKPD berbasis etnomatematika Batik Tanjung Bersinar khas
Kabupaten Tabalong materi Bangun Datar yaitu Segiempat dan Segitiga yang
valid, praktis, dan efektif.