Abstract:
Minimnya pengetahuan peserta didik tentang keterkaitan budaya dengan
matematika memerlukan adanya suatu inovasi dalam proses pembelajaran di kelas.
Beberapa sekolah menggunakan bahan ajar yang hampir tidak ada satupun materi di
dalamnya yang berkaitan dengan budaya Banjar. Peserta didik hanya ditekankan
dalam mengerjakan soal-soal latihan tanpa adanya pemahaman konsep mendalam
tentang penggunaan matematika secara kontekstual khususnya dalam implementasi
etnomatematika berbasis budaya Banjar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi pola bilangan berbasis etnomatematika
sasirangan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah pengembangan menurut model Plomp
mencakup fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi/konstruksi, fase tes,
evaluasi, dan revisi. Pada fase tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji validitas oleh
empat validator dan uji coba kelompok kecil dengan subjek penelitian sebanyak enam
orang peserta didik yang dilakukan untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan
LKPD. Hasil uji validitas terhadap LKPD yang dikembangkan menunjukkan LKPD
mencapai kriteria valid. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan LKPD mencapai
kriteria praktis ditinjau dari angket respon dan kriteria keefektifan dilihat dari hasil
belajar peserta didik. Sehingga, penelitian ini menghasilkan LKPD materi pola
bilangan berbasis etnomatematika sasirangan di kelas VIII Sekolah Menengah
Pertama yang valid, praktis, dan efektif