Abstract:
Matematika merupakan ilmu penting dan berguna dalam kehidupan
sehari-hari. Namun, masih ditemukannya fakta bahwa beberapa siswa
mengganggap matematika merupakan pelajaran yang cukup sulit, sehingga mereka
kurang menyukai pelajaran matematika. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu
penggunaan bahan ajar interaktif yang mengaitkan kerajinan tangan anyaman
bambu. Sehingga, dilakukanlah pengembangan E-LKPD berbasis etnomatematika
pada materi bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
serta hasil kevalidan dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini
dilakukan menggunakan metode R&D (Reseacrh and Development) dengan model
4D. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap ketiga yaitu pengembangan
(develop). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi serta
angket respon guru dan peserta didik. Validasi dilakukan oleh dua orang ahli dan uji
kepraktisan dilakukan oleh satu orang guru dan lima belas orang peserta didik. Data
yang diperoleh berdasarkan kritik dan saran dari validator tersebut dianalisis secara
kualitatif untuk perbaikan produk yang dikembangkan dan secara kuantitatif yaitu
berdasarkan skor lembar validasi serta angket respon guru dan peserta didik. Skor
yang diperoleh pada lembar validasi adalah 4,3 dengan kriteria valid. Sedangkan uji
kepraktisan rata-rata persentase yang didapat adalah 85,4% dengan kategori sangat
praktis. Jadi, dihasilkan E-LKPD berbasis etnomatematika kerajinan tangan
anyaman bambu pada materi bangun datar kelas VII SMP yang validddan praktis