Abstract:
Matematika sering kali dianggap pelajaran yang sulit dan
menakutkan serta sering kali dihindari oleh peserta didik. Hal inilah yang dapat
menimbulkan kesulitan belajar. Kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari
kegiatan yang dilakukan tidak lepas dari matematika salah satu contohnya
materi pola bilangan. Pola bilangan merupakan materi dalam pelajaran
matematika untuk siswa kelas VIII yang aplikatif dengan kehidupan sehari hari. Untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut solusi yang dapat dilakukan
yaitu dengan mengembangkan E-LKPD berbasis etnomatematika dengan
konteks kebudayaan dari Kalimantan Selatan yakni anyaman purun. E-LKPD
ini menggunakan website liveworksheets sebagai tempat mengupload E LKPD. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD
berbasis etnomatematika dengan konteks anyaman purun pada materi pola
bilangan untuk siswa kelas VIII yang valid. Metode penelitian pengembangan
yang digunakan yaitu model penelitian 4-D (four D Model) yang dikemukakan
oleh Thiagarajan. Tahap yang dilakukan pada penelitian ini yaitu define
(pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Pada
penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar
validasi. Teknik analisis data dilakukan untuk memperoleh penilaian dari
empat aspek yaitu: 1) kelayakan isi; 2) kelayakan penyajian; 3) kelayakan
bahasa; dan 4) kebudayaan. Validasi dilakukan dengan tiga orang ahli dan
diperoleh skor rata-rata dari total semua aspek sebesar 3,48.