Abstract:
Kurikulum 2013 menuntut agar guru lebih kreatif sedangkan peserta
didik dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Namun,
berdasarkan observasi masih ditemukan adanya peserta didik yang kurang aktif
terlebih saat pelajaran matematika. Oleh sebab itu, guru perlu mencari
alternatif untuk menjadikan peserta didik aktif, salah satunya dengan
penggunaan LKPD. Hendaknya guru dapat mendesain pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan yang mengarah pada dunia nyata. Tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada materi bangun
ruang sisi lengkung yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan
yakni penelitian pengembangan dengan model 4-D yang memiliki empat
tahapan yakni define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini
dibatasi sampai tahap pengembangan. Hasil uji kevalidan yang dinilai oleh dua
orang validator diperoleh rata-rata kevalidan berdasarkan aspek format,
kelayakan isi, dan bahasa yakni 3,45 dengan kriteria sangat valid. Adapun hasil
uji kepraktisan yang dinilai oleh enam orang peserta didik dan satu orang
pendidik berdasarkan aspek tampilan, penyajian isi, dan manfaat yakni 3,34
dan 3,65 dengan kriteria sangat praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD
yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan