Abstract:
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris penting untuk melatih kemampuan siswa dalam menghadapi permasalahan faktual dalam kehidupan sosial. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Lambung Mangkurat dengan melibatkan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Advanced Writing. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran menulis esai ekspositori bertema lahan basah dengan PBL. Wawancara dilakukan terhadap subjek penelitian didukung oleh analisis dokumentasi berupa esai ekspositori yang ditulis subjek dan observasi terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan respon positif dari mahasiswa terhadap pelaksanaan PBL dalam kelas Advanced Writing. Mereka mengatakan bahwa PBL membantu mereka menganalisis suatu permasalahan dalam diskusi kelompok dengan cara mengkaji sebab akibat dari setiap permasalahan dan memikirkan dampak solusi yang ditawarkan. Mereka juga menjelaskan bahwa berdiskusi dalam PBL membantu mereka lebih memahami persoalan dibandingkan jika mereka memikirkan permasalahan tersebut secara indidvidu. Berdasarkan hasil temuan ini, disarankan kepada para pengajar Bahasa Inggris untuk menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam mengajarkan keterampilan produktif berbahasa baik itu
keterampilan berbicara maupun menulis.