Abstract:
Pemahaman konseptual yang benar dari peserta didik merupakan tujuan
utama dalam setiap pembelajaran kimia, terutama pada materi ikatan
kimia. Oleh karena itu, perlu adanya instrumen evaluasi untuk
menganalisis sejauh mana pemahaman konseptual yang dimiliki peserta
didik. Penelitian berikut berupa pengembangan instrumen evaluasi
bernama Chemical Bonding Diagnostic Tool (CBDT) yang berkonteks
lahan basah. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan suatu
instrumen evaluasi yang valid dan reliabel, serta dapat memperkenalkan
tentang pengertian lahan basah. Tahapan metode penelitian meliputi: (1)
Peninjauan pustaka; (2) Pengembangan butir soal; (3) Uji validitas
konstruk; (4) Revisi instrumen evaluasi; (5) Uji coba instrumen evaluasi;
dan (6) Analisis butir soal dan instrumen evaluasi. Melalui penelitian
yang dilakukan terhadap sampel 238 orang mahasiswa di enam
perguruan tinggi negeri di Indonesia, diperoleh hasil berupa instrumen
evaluasi yang sangat valid dan reliabel. Berdasarkan hasil tersebut,
maka instrumen evaluasi CBDT dapat digeneralisasikan pada
pembelajaran ikatan kimia di Indonesia.
Keywords: conceptual understanding, evaluation instrument, Chemical Bonding
Diagnostic Tool (CBDT), wetlands.