Abstract:
Masih rendahnya keterampilan guru dalam membuat media berbasis audio-visual dalam bentuk
video, serta kurangnya informasi yang dimiliki guru terkait aplikasi yang dapat digunakan dalam
pembuatan video di lingkungan lahan basah menjadi latar belakang pada Pengabdian kepada
Masyarakat ini. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan
keterampilan para guru dalam membuat video menggunakan sparkol VideoScribe di lingkungan
lahan basah. Selain itu juga untuk mengetahui respon guru dalam mengikuti pelatihan. Peserta
pelatihan ini ialah 22 orang guru kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia
di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui metode
ceramah, diskusi dan praktik secara langsung dalam membuat video menggunakan sparkol
VideoScribe. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli 2022 sebanyak 4 kali pertemuan.
Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru tentang
pembuatan video menggunakan sparkol VideoScribe dan respon guru terhadap kegiatan pelatihan
menunjukkan kategori baik. Pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan
guru tentang pembuatan video menggunakan sparkol VideoScribe. Produk video yang dihasilkan
dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran.
The teacher's low skills in creating audio-visual-based media that is performed by video and the
lack of information that teachers have regarding applications that can be used in making videos
in a wetland environment are the background of this community service. This training activity
aims to improve teachers’ understanding and skills in making videos using Sparkol VideoScribe
in a wetland environment. In addition, to find out the teacher's response to participating in the
training. The participants of this training were 15 Chemistry Subject Teacher Consultation
Group (MGMP) teachers in Hulu Sungai Utara (HSU) District. The training activities were
conducted through lectures, discussions and direct practice in making videos using Sparkol
VideoScribe. Based on the results of the training, it was found that there was an increase in the
teacher's understanding of creating audio-visual-based media that was performed by video using
Sparkol VideoScribe, and the teacher's response to the training activities showed a good
category. This training can improve teachers' understanding and skills in making videos using
Sparkol VideoScribe. The resulting video product can be used to help the learning process.
Keywords
Lahan Basah; Videoscribe; Video