Description:
Judul: IPS Berbasis Pariwisata Sungai; Penulis: Ersis Warmansyah Abbas, Rusmaniah, Jumriani, Mutiani; Tebal Halaman: 136; Dimensi buku: 21 x 15 x 1.9; Pembelajaran IPS yang powerful dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang ditandai dengan pengalaman belajar secara kontekstual dengan karakteristik bermakna, terintegrasi, berbasis nilai, menantang, dan mengaktifkan, kurangnya bahan ajar kontekstual menjadi penyebab tidak terciptanya pembelajaran IPS yang wonderful karena pemanfaatan konten lokal belum secara optimal. Harapannya dengan materi yang memuat konten lokal, maka mempelajari mata pelajaran IPS dapat disesuaikan dengan lingkungan harus secara optimal digunakan untuk membuatnya lebih penting dan bermakna bagi peserta didik. Untuk meningkatkan pembelajaran IPS di ruang kelas, keunggulan lokal yang ada di masyarakat harus digunakan sebagai bahan untuk belajar. Keunggulan lokal dapat berupa pengetahuan lokal yang ada dalam budaya masyarakat, satu diantara fungsinya adalah membangun identitas sehingga pembelajaran bermakna. Pembelajaran IPS membahas hubungan antara manusia dengan lingkungannya, dimana peserta didik tumbuh dan berkembang sebagai bagian di masyarakat, melakukan interaksi, komunikasi dengan individu lain. Melalui buku ajar IPS Pariwisata berbasis sungai peserta didik dapat diarahkan untuk mengadopsi nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal menjadi subyek dalam mengapresiasi setiap kebudayaan dan dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Siswa dapat memahami secara mudah karena contoh yang diberikan adalah keadaan lingkungan sekitar sehingga diperoleh pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Melalui buku ini diharapkan siswa akan lebih mudah memahami materi mata pelajaran IPS Semester satu yang memuat konsep ruang dan interaksi antarruang, unsur dan komponen peta, letak dan luas indonesia serta implikasinya terhadap aspek sosial, budaya dan ekonomi, potensi sumber daya alam serta keragaman flora dan fauna di indonesia yang disertai dengan contoh langsung secara lokal akan mudah dipahami oleh peserta didik karena berada di sekitar peserta didik sehingga bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Berawal untuk meningkatkan pemahaman peserta didik akan keunggulan lokal yang ada sehingga buku ajar ini dapat diselesaikan. Berbagai pertimbangan dalam penyusunan buku ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk memahami materi lokal dan implementasinya di lapangan. Pariwisata berbasis sungai bukan saja digunakan untuk memberikan persepsi baik dalam pemanfaatan sumberdaya wisata, namun untuk melindungi sumber daya alam agar tetap berfungsi secara berkelanjutan sekaligus juga dapat memberikan kontribusi manfaat untuk kesejahteraan masyarakat. Banjarmasin yang kaya akan sumberdaya wisata sangat membutuhkan perhatian dari berbagai pihak terkait agar bekerjasama untuk membangun dan mengembangkannya menjadi destinasi utama yang diperkenalkan sejak dini kepada peserta didik. Akhir kata penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian buku ajar ini. Semoga bermanfaat.