Abstract:
Proses pembelajaran merupakan suatau perihal yang dapat memastikan hasil maupun prestasi dari siswa. Pada saat tatanan baru dari wabh covid 19 sudah mulai diberlakukan pembelajaran baik secara daring maupung secara luring. Pada tatanan baru seperti ini diperlukan kreativitas seorang guru untuk melakukan kegiatan proses pembelajaran dengan siswa agar tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran tercapai dan tetap memperhatikan gaya belajar setiap siswa. Gaya belajar memiliki peranan penting dalam proses kegiatan belajar. Gaya belajar seseorang adalah kombinasi dari bagaimana siswa menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. Gaya belajar seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya adalah keadaan lingkungan, pengetahuan, psikologis dan pengalaman Pendidikan. Ada beberapa tipe gaya belajar yang bisa digunakan siswa yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Keberagaman gaya belajar tersebut memerlukan suatu pemilihan strategi mengajar yang cocok agar kekuatan gaya belajar siswa berkembangan dengan baik. Urgensi dalam penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi gaya belajar siswa. Secara metodologis, penelitian ini didasarkan pada penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi gaya belajar siswa. Adapun Populasi dari penelitian adalah siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah. secara sistematis penelitian yang berjalan melalui langkah sebagai berikut: (1)melakukan studi literatur; (2) desain instrumen; (3) pengumpulan data; (4) analisis data; dan (5) pelaporan hasil (6) proses pempublikasian dari hasil penelitian. Luaran penelitian adalah diterbitakannya hasil penelitian berupa jurnal tingkat nasional terakreditasi sinta. Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) dalam bidang sosial humaniora dan pendidikan adalah pemilihan secara tepat metode pembelajaran untuk siswa sesuai dengan gaya belajar.