Abstract:
Inovasi media pembelajaran adaIah saIah satu cara untuk mengikuti kemajuan teknoIogi daIam bidang pendidikan, sehingga hadirnya media pembelajaran diharapkan akan mampu membantu pendidik daIam penyampaian materi kepada peserta didik. Media pembelajaran yang dikembangkan adaIah media pebeIajaran interaktif yang dapat merespon aktivitas peserta didik. Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi kuadrat keIas IX dengan metode drill and practice dan menganaIisis keIayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi kuadrat keIas IX SMP dengan metode drill and practice yang meIiputi vaIiditas, kepraktisan, dan keefektifan. PeneIitian pengembangan ini menggunakan metode Research and DeveIopment (R&D) dan modeI ADDIE yang memiIiki Iima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek uji coba adaIah peserta didik keIas IX C SMPN 2 Banjarmasin. PeneIitian ini menggunakan teknik pengumpuIan data angket dan tes formatif, dan Teknik anaIisis data yang digunakan adaIah statistik deskriptif. Media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi kuadrat dikembangkan meIaIui 5 tahapan yang terdapat pada modeI ADDIE dan menggunakan teknoIogi HTML, CSS, Javascript, JSON, Scratch, Firebase, MathJax dan Geogebra. Dari hasil peneIitian didapatkan vaIiditas materi dan media yang vaIid, respon yang diberikan oIeh peserta didik dan guru menunjukkan respon yang positif, hasil beIajar peserta didik seteIah menggunakan media pembelajaran interaktif memperoIeh persentase ketuntasan 81%. OIeh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi fungsi kuadrat keIas IX SMP dengan metode drill and practice Iayak digunakan karena teIah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan.