Abstract:
Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) diharapkan menjadi jawaban untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sekolah dalam dunia pendidikan. ICT sebagai sebuah fasilitas seharusnya memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam setiap kegiatan yang berlangsung pada sekolah-sekolah yang mengimplementasikannya. Namun pada fakta-fakta yang terjadi di lapangan tidak berjalan sesuai dengan teori. Tidak semua sekolah yang mengimlementasikan ICT menggunakan fasititas ICT yang dimilikinya secara maksimal, dan tidak semua sekolah dapat mengimplementasikan ICT pada instansinya. Hal ini disebabkan tidak tersedia sumber daya manusia yang dapat mengimplementasikan dan merawat fasilitas ICT yang akan dikembangkan. Oleh karena ini penelitian ini bermaksud untuk menggali permasalahan apa saja yang terjadi pada implementasi ICT pada SMP/ SMA sederajat dan memetakannya dalam perbandingan antara ICT yang diimplementasikan dengan jumlah dan kemampuan pegawai di sekolah-sekolah tersebut. Data yang dihasilkan oleh penelitian ini diharapkan dapat menjasi basis pengembangan materi pendidikan ilmu computer, sekaligus sebagai langkah awal pengembangan peserta didik sebagai calon tenaga pendidik pada bidang koputer di sekolah.