Abstract:
Bilangan dan Himpunan merupakan bahan ajar pada semester I kelas VII SMP/MTs, sesuai acuan Permendikbud RI Nomor 54 Tahun 2013, Permendikbud RI Nomor 64 Tahun 2013 dan Permendikbud RI Nomor 68 Tahun 2013. Topik ini merupakan bahan pembelajaran matematika pertama yang diajarkan pada siswa saat mereka memasuki tingkatan sekolah menengah pertama. Sehingga penguasaan topik ini menjadi landasan penting untuk mempelajari materi ajar selanjutnya pada tingkatan yang lebih tinggi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian pesat, telah membuka peluang yang lebih lebar agar teknologi ini dapat dimanfaatkan dalam inovasi pembelajaran di sekolah. Buku ajar sekolah yang sebelumnya berupa buku cetak (BSC), sekarang mulai bergeser menjadi buku sekolah elektronik (BSE). Namun mekanisme untuk mengakses buku cetak dan buku elektronik ini tidak jauh berbeda. Keduanya diakses secara static linier halaman demi halaman. Interaksi pembelajar dengan buku ajar elektronik baru sebatas penyediaan navigasi penelusuran konten dan pencarian kata kunci secara elektronis. Dengan perkembangan teknologi computer yang tersedia sekarang, BSE bisa dirancang menjadi buku sekolah interaktif (BSI). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif atau BSI yang layak dalam pembelajaran Bilangan dan Himpunan berkonteks lahan basah untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Uji coba produk dilakukan di SMP Negeri 2 Banjarmasin. Kelayakan dilihat dari segi validitas materi, vaidaitas media, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian telah berhasil dikembangkan media pembelajaran Interaktif pada materi Bilangan dan materi Himpunan berkonteks lahan basah untuk siswa SMP/MTs. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Sehingga media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.