Abstract:
Tujuan dilaksanakannya penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan model discovery
learning dalam pembelajaran daring berbantuan video conference yang dilihat dari (1) ketuntasan hasil
belajar peserta didik, (2) N-gain kemampuan berpikir kreatif dan self regulation peserta didik, serta (3)
respon peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk pre-eksperimental design dengan metode penelitian
adalah one grup pretest-posttest design, dilakukan dalam dua kali pertemuan. Populasi penelitian yakni
peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive
sampling, adapun sampel yang diambil berjumlah 36 orang. Pengumpulan data melalui teknik tes berupa
soal uraian/essai dan non-tes berupa angket. Teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian
membuktikan model discovery learning efektif digunakan pada pembelajaran daring yang dilihat dari
pencapaian (1) hasil belajar peserta didik sebesar 0,59 dalam kategori sedang dengan ketuntasan klasikal
sebesar 77,78%, (2) N-gain kemampuan berpikir kreatif dalam kategori sedang sebesar 0,52 dan self
regulation dalam kategori sedang sebesar 0,31, serta (3) respon peserta didik positif.