Abstract:
Skor rata-rata PISA matematika siswa Indonesia pada tahun 2000-2018 masih berada di bawah skor rata-rata internasional. Untuk itu diperlukan soal-soal yang standar PISA, sehingga penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan soal matematika model PISA dengan konteks etnomatematika untuk mengukur kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang valid dan praktis. Metode pengembangan Formative research
Tessmer digunakan dalam penelitian. Soal valid ditinjau dari penilaian validator ahli dan empiris sedangkan
praktis jika respon siswa positif. Siswa SMAN 7 Banjarmasin usia 15 tahun sebanyak 38 sebagai subjek
untuk menguji kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian diperoleh tujuh butir soal uraian
matematika model PISA konteks etnomatematika budaya Banjar yang valid dan praktis. Hasil uji diperoleh
rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam kriteria baik, sehingga soal
matematika model PISA yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa