Abstract:
Keterampilan yang diperlukan oleh siswa dalam menghadapi kehidupan, dunia kerja,
dan kewarganegaraan di abad 21 yang masih memiliki kesinambungan dengan revolusi
industri 4.0 ditekankan pada keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir
analitis, berpikir logis dan memecahkan masalah. Berkaca dari keterampilan yang harus
dikembangkan di masa ini, proses pembelajaran juga harus mengarah pada
pembentukan keterampilan yang relevan dengan era revolusi industri 4.0. Fokus pada
pengembangan keterampilan revolusi industri 4.0, proses pembelajaran sejatinya juga
harus memperhatikan pengembangan multiple intelligence siswa. Namun yang terjadi
dilapangan adalah guru masih kesulitan dalam mengembangkan keterampilan berpikir
tingkat tinggi (HOTS) siswa sekolah dasar di Kalimantan Selatan karena tidak ada
bahan ajar yang mengacu langsung pada pengembangan keterampilan siswa, kecerdasan
majemuk siswa, juga belum berkembang dengan maksimal karena guru tidak pernah
memiliki bahan ajar yang mengarah pada pengembangan multiple intelligence siswa.
Permasalahan ini akan dipecahkan dengan solusi pengembangan bahan ajar berbasis
keterampilan revolusi indutri 4.0 dan pengembangan multiple intelligence siswa. Usulan
penelitian ini telah dipertimbangkan dengan memperhatikan aspek kebermaknaan bahan
ajar agar dapat digunakan untuk memberikan penanaman berbagai keterampilan untuk
dapat mengelola lingkungan lahan basah serta berorientasi pada pemeliharaan
kelestarian lingkungan lahan basah. Bahan ajar yang akan dikembangkan juga akan
mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kalimantan Selatan mulai substansi
dan esensi dari bahan ajar yang akan diteliti. Pada akhirnya, penelitian ini sangat
berpotensi untuk mendukung arah fokus penelitian di Universitas Lambung Mangkurat
di bidang Pendidikan dan Seni Budaya. Luaran dari penelitian ini akan menghasilkan
produk bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dan siswa sekolah dasar se
Kalimantan Selatan khususnya di daerah bantaran sungai dan sekitar lingkungan lahan
basah agar generasi penerus masa mendatang dapat berkontribusi mengembangkan
potensi lahan basah dan mendukung program pelestarian lingkungan lahan basah
Kalimantan Selatan. Penelitian ini juga akan menjadi salah satu pendukung keberhasilan
pencapaian roadmap bidang Pendidikan dan Seni Budaya dalam rangka mewujudkan
Universitas Lambung Mangkurat sebagai pusat pengembangan lahan basah di Asia
Pasifik pada tahun 2027. Penelitian ini akan menghasilkan produk bahan ajar yang tidak
hanya fokus pada pengembangan keterampilan siswa untuk berkontribusi
mengembangkan muatan potensi lahan basah dan melestarikan kearifan local
masyarakat Kalimantan Selatan, tetapi juga memberikan solusi terhadap ketersediaan
bahan ajar berbasis keterampilan revolusi 4.0 dan Multiple Intelligence siswa. Bahan
ajar kelas 4 Tema 4 “Berbagai Pekerjaan disekitarku” yang dapat meningkatkan
keterampilan revolusi industri 4.0 dan multiple intelligence siswa berbasis kearifan local
Kalimantan selatan telah divalidasi oleh pakar dengan skor validitas 607 katagori
sangat valid