Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterampilan guru dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik seleksi data, tabulasi data, menghitung alternatif jawaban kemudian mendeskripsikan dan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, dari empat indikator yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran, menunjukkan bahwa sebagian besar guru sudah melaksanakan pembelajaran HOTS berbasis lingkungan, namun masih ada guru yang belum memunculkan HOTS dalam pembuatan RPP. 2) Pelaksanaan pembelajaran, menunjukkan bahwa belum sepenuhnya melaksanakan, karena para guru masih ada yang belum memahami bagaimana cara mengajarkan pembelajaran berbasis HOTS. 3) Penilaian pembelajaran, menunjukkan bahwa pelaksanaan asesmen bernuansa HOTS masih ada yang belum sepenuhnya melaksanakan. 4) Kemampuan alat evaluasi dalam menganalisis penyebab perubahan lingkungan yang terjadi, menunjukkan bahwa hasil belajar belum menggambarkan HOTS berbasis pendekatan lingkungan.