Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dalam
menyelesaikan soal HOTS pada Materi aplikasi turunan dengan menggunakan
model pembelajaran CORE, (2) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS
pada Materi aplikasi turunan dengan menggunakan model pembelajaran langsung,
dan (3) pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar siswa dalam
menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu dengan populasinya adalah seluruh siswa
kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel dengan purposive
sampling, sehingga diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data berupa dokumentasi dan
tes. Teknik analisisnya menggunakan statistika deskriptif maupun inferensial. Hasil
penelitian menujukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal
HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin
tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran CORE
termasuk kriteria baik, (2) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada
materi aplikasi turunan fungsi kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran
2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran langsung termasuk kriteria
kurang, dan (3) model pembelajaran CORE berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi kelas XI
MIPA SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018