Abstract:
Kemampuan siswa dalam pembelajaran geometri perlu dimaksimalkan agar dapat mendorong meningkatkannya kemampuan berpikir logis. Guru dalam pembelajaran geometri diharapkan menggunakan media yang menarik perhatian siswanya. Salah satu media yang diharapkan membangkitkan motivasi belajar siswa adalah komik. Jadi penelitian ini akan mengembangkan prototipe media komik berbasis etnomatematika Masjid Jami Sungai Jingah pada pembelajaran geometri. Untuk itu maka digunakan metode pengembangan Plomp sebagai kerangka kerja penelitian. Prototipe I Komik dinilai oleh dua orang validatori dan seorang guru kesenian yang menganalisis keterbacaannya. Berdasarkan langkah metode pengembangan: langkah investigasi awal, desain, konstruksi, dan tes, evaluasi serta revisi maka diperoleh prototipe Komik materi segiempat dan segitiga bernuansa etnomatematika Masjid Jami Sungai Jingah yang memenuhi validitas dan keterbacaan. Komik yang dikembangkan belum diimplementasikan kepada siswa SMP di lingkungan Banjarmasin.
Description:
Penelitian pengembangan berdasarkan kerangka kerja 4 tahap Plomp menghasilkan prototipe komik berbasis etnomatematika masjid Jami Sungai Jingah pada pembelajaran geometri yang memenuhi kriteria validitas dan keterbacaan. Penelitian ini perlu dilanjutkan untuk tahap implementasi untuk siswa SMP di lingkungan Banjarmasin sebagai lanjutan dari tahap penelitian pengembangan Plomp