Abstract:
Salah satu penggunaan teknologi pada pembelajaran matematika yaitu media berbasis Geogebra pada materi integral mengenai luas daerah dan volume benda putar. Berdasarkan hasil wawancara, siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan integral pada materi luas daerah dan volume benda putar serta menggambar kurva. Hasil analisis USBN juga menyatakan jika materi tersebut memiliki tingkat kesukaran sedang bahkan tinggi sehingga dengan pengembangan media berbasis Geogebra diharapkan dapat mengurangi masalah yang ada. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis Geogebra pada materi integral yang valid dan (2) menghasilkan media pembelajaran berbasis Geogebra dengan pada materi integral yang valid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan
ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Tahapan yang dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran ini terbatas pada tahap analysis, design, dan development. Hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh validator menyatakan hasil uji kelayakan materi pada media yang dikembangkan rata-rata 3,36 dengan kategori valid dan hasil uji kelayakan media yang dikembangkan dengan rata-rata 3,41 dengan kategori valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Geogebra pada materi integral merupakan media pembelajaran yang valid.
Description:
Penelitian yang dilakukan yaitu menghasilkan suatu media pembelajaran matematika
berbasis Geogebra pada materi integral yang valid melalui pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kesimpulan yang diperoleh yaitu berdasarkan hasil dari validitas para ahli terhadap validasi materi sebesar 3,36 dengan kategori valid, kemudian hasil validasi media sebesar 3,41 dengan kategori valid. Dengan demikian bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid.