Abstract:
Matematika masih menjadi momok yang ditakuti siswa karena dirasa sulit. Siswa
membuat kesalahan dalam menyelesaikan masalah karena tidak dapat mengubah soal
cerita ke bentuk model matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel (SPLDV). Berdasarkan hal tersebut diperlukan perangkat pembelajaran yang
menarik dan kontekstual salah satunya yaitu dengan mengembangkan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal Kalimantan Selatan. Tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk menghasilkan LKPD materi sistem persamaan linear dua variabel berbasis
kearifan lokal yang valid dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP/MTs.
Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development menggunakan model
yang dikemukakan oleh Thigarajan, Semmel & Semmel yaitu 4-D. Beberapa tahapan
yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Define, Design, dan Develop. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada uji validitas yang diperoleh
melalui analisis secara kuantitatif dan kualitatif dari lembar validasi pada tahap develop
yang dilakukan oleh tiga ahli. Menurut skor yang diberikan oleh ketiga ahli, didapatkan
skor rata-rata 84,06%, artinya LKPD termasuk kategori cukup valid dan dapat
dipergunakan dalam pembelajaran matematika.