Abstract:
Pembelajaran matematika berbasis budaya dapat dijadikan media bagi siswa untuk mentransformasikan temuannya ke dalam bentuk dan prinsip yang kreatif terkait alam, yang merupakan perancangan pengalaman belajar sekaligus strategi penciptaan lingkungan belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran guna menyelesaikan permasalahan matematis yang termuat dalam budaya tersebut. Etnomatematika adalah suatu ilmu yang digunakan untuk memahami bagaimana matematika diadaptasi dari sebuah budaya. Salah satu inovasi teknologi agar pembelajaran menjadi kondusif, interaktif, menarik serta dapat membantu pengajar membuat evaluasi penilaian terhadap peserta didik adalah menggunakan sebuah aplikasi atau situs web bernama Quizizz. Aplikasi ini bisa digunakan guru untuk membuat soal matematika berbasis etnomatematika. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, berdasarkan kebijakan pemerintah di dunia pendidikan yaitu bahwa pelaksanaan program belajar dari rumah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berupa pembelajaran secara daring. Namun, tidak semua guru mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran
secara daring dengan memanfaatkan platform yang tersedia. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan evaluasi pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 bagi Guru Peserta MGMP Matematika MTs dan MA di Kota Banjarmasin