Abstract:
Berkaitan dengan perkembangan pendidikan di tingkat internasional, Kurikulum 2013 dirancang dengan berbagai penyempurnaan yang salah satunya adalah penyempurnaan standar penilaian. Penilaian yang dikembangkan oleh guru diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi, meningkatkan kreativitas, dan membangun kemandirian peserta didik untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi fokus pembelajaran matematika di semua jenjang. Apalagi bagi mahasiswa calon guru matematika, tentu tidak cukup jika hanya mempunyai kemampuan tersebut untuk dirinya sendiri, sebab kelak jika telah menjadi guru, ia akan mempunyai tugas yang berat yaitu menjadikan mahasiswanya memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Memperhatikan pentingnya seorang mahasiswa calon guru matematika mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi, maka mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika sudah seharusnya diberikan soal-soal yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi mereka yang salah satunya pada mata kuliah Matriks. Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa mata kuliah Matriks Program Studi Pendidikan Matematika FKIP ULM. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah Matriks Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat berada pada kategori cukup.